Kisi Kisi UKK Fisika Kelas X

Dalam rangka menghadapi Ulangan Kenaikan Kelas pada pertengahan bulan Juni 2012 nanti, sudah sepantasnya jika kalian selaku peserta didik mempersiapkan segala sesuatu yang sifatnya mengasah dan melatih kemampuan kalian dalam menyelesaiakan soal-soal yang mungkin akan diujikan dalam pelaksanaan Ulangan Kenaikan Kelas nanti.

Adapun beberapa hal yang perlu dilakukan dalam mempersiapkan diri menghadapi Ulangan Kenaikan Kelas adalah 1). selalu melatih dan mengasah kemampuan penyelesaian soal, 2). memprediksi materi yang akan diujikan dalam Ulangan Kenaikan Kelas, dan 3). ikuti tips belajar fisika pada link ini.

Untuk  kepentingan peserta didik tersebut di atas, berikut ini kami sediakan link yang memungkinkan bagi peserta didik untuk memenuhi kebutuhan tersebut di atas,

Download Kisi Kisi UKK Fisika Kelas X

Download Prediksi Soal-Soal UKK Kelas X

Kisi Kisi UKK Matematika Kelas VII

Sejak pertengahan bulan juli 2011, para peserta didik telah melalui tahap seleksi administrasi, seleksi kemampuan kognitif  secara tulis maupun interview hingga seleksi berbentuk psikotes dan yang bersangkutan dinyatakan lulus, maka sehari setelah pengumuman hasil seleksi penerimaan peserta didik baru untuk tahun pelajaran 2011/2012 dinyatakan sebagai siswa/peserta didik SMP negeri 1 Besuk.

Tidak terasa, rangkaian kegiatan tersebut di atas telah berlalu hampir setahun yang  lalu, dan kini saatnya bagi peserta didik untuk kembali mengikuti kegiatan seleksi yang rutin dilaksanakan tiap akhir tahun pelajaran yang telah berganti nama dari Ujian Akhir Semester menjadi Ulangan Kenaikan Kelas.

Sudahkah kalian mempersiapkan diri untuk kelancaran dan kesuksesan kalian dalam menempuh ujian itu ? Diperlukan persiapan yang matang mengingat Ulangan Kenaikan Kelas merupakan salah satu unsur penentu masa depan kalian sebagai peserta didik yang masih duduk di bangku SMP.

Berikut ini merupakan link yang disediakan khusus bagi para peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Besuk Probolinggo dalam rangka persiapan menghadapi Ulangan Kenaikan Kelas

File ini juga dapat digunakan oleh peserta didik yang berasal dari sekolah lain yang tujuannya memperkaya khasanah keilmuan dan latihan soal yang mungkin bisa bermanfaat untuk kepentingan pendidikan.

Download kisi-kisi soal Matematika Ulangan Kenaikan Kelas VII

Download Prediksi Soal UKK Matematika Kelas VII

Komunikasi Optik

Sejak dahulu, manusia mempunyai impian untuk dapat berkomunikasi jarak jauh. Apalagi pada saat ini informasi memang diperlukan secara cepat. Secara umum ada dua cara yang biasa dipakai dalam menyalurkan komunikasi jarak jauh, yaitu melalui pancaran gelombang elektromagnetik di udara seperti radio, televisi maupun handphone atau melalui saluran tertutup seperti telepon kabel (fixed-line) yang menggunakan tembaga.

Pada beberapa dekade terakhir telah lahir serat optik untuk menyalurkan data/informasi dalam saluran tertutup. Komunikasi optik mempunyai beberapa kelebihan. Di antaranya adalah tidak terpengaruh oleh interferensi elektromagnetik sehingga tidak akan terjadi kebocoran data yang di salurkan akibat radiasi. Satu serat optik dapat digunakan untuk menyalurkan data yang lebih banyak dan lebih jauh daripada menggunakan kabel tembaga.

Teknologi serat optik pertama kali diteliti pada tahun 1966. Serat optik sangat halus, lebih halus daripada rambut dan terbuat dari dua macam gelas. Bagian intinya mempunyai indeks bias yang lebih besar daripada selubungnya. Ini berguna untuk mencegah kebocoran/radiasi cahaya keluar. Keunggulan utama dari serat optik ini adalah pelemahan sinyal data selama perambatan sangat kecil dibandingkan yang terjadi pada kabel tembaga. Dengan demikian, data dapat disalurkan beratus-ratus kilometer tanpa terjadi distorsi data yang berarti.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan jumlah data yang dapat ditransmisikan antara dua lokasi dalam selang waktu tertentu. Cara yang pertama adalah membuat transfer data lebih cepat, dan yang kedua adalah membuat lebih banyak saluran untuk dilewati. Kapasitas transmisi data ini dapat ditentukan melalui jumlah data yang dapat disalurkannya. Biaya transmisi akan semakin mahal jika tiap satu saluran telepon membutuhkan satu saluran serat optik. Namun dengan sistem multiplexing, beberapa sambungan telepon dapat disalurkan dalam satu saluran.

Teknologi komunikasi optik yang ada saat ini menggunakan piranti yang dapat meminimalisasi waktu proses pengolahan data. Piranti itu dalam bentuk piranti optoelektronika, yakni piranti pengolah informasi optik yang dikontrol secara elektronik. Satu buah chip dapat memiliki berbagai fungsi seperti penapisan (filtering), penyaluran kembali, penambahan data, dan lain sebagainya.

Ponsel Undang Petir

petir

Telepon selular (handphone) sebaiknya tidak digunakan diluar ruangan saat terjadi badai petir. Hal tersebut dapat meningkatkan resiko kerusakan organ tubuh bagian dalam apabila seseorang tersambar petir.Pendapat tersebut disampaikan beberapa dokter dalam tulisan yang dimuat British Medical Journal. Mereka mencontohkannya dengan seorang gadis berusia 15 tahun yang tersambar petir di sebuah taman saat menggunakan telepon selularnya. Meskipun luput dari maut, anak tersebut mengalami gangguan kesehatan yang parah, cacat permanen sehingga harus menggunakan kursi roda seumur hidupnya.

Kulit manusia memiliki sifat menahan aliran listrik ke organ tubuh bagian dalam. Oleh karena itu, saat tubuh seseorang terkena sambaran petir, aliran listrik akan disebarkan ke seluruh permukaan kulit atau mengalami efek flashover. Namun, jika ada bahan pengantar listrik yang menempel di kulit, termasuk telepon seluler, efek flashover akan terganggu sehingga listrik lebih mudah mengalir dari kulit ke organ tubuh bagian dalam. Karena resiko luka dalam meningkat, resiko kematian juga meningkat.

“Fenomena yang jarang terjadi ini merupakan salah satu isu kesehatan yang penting mendapat perhatian dan perlu pendidikan kepada publik mengenai resikonya untuk mencegah kerusakan fatal,” kata salah satu penulisnya Swinda Esprit, seorang dokter di RS Nortwick Park, Inggris. Tiga kasus kematian yang fatal pada pengguna telepon selular yang tersambar petir juga dilaporkan di Cina, Korea Selatan dan Malaysia. Sayangnya, dokter-dokter tersebut tidak menyampaikan alasannya dengan hasil penelitian sebagaimana jurnal-jurnal ilmiah.

Vladimir Rakov, salah seorang pakar petir dari Universitas Florida meragukan kemungkinan tersebut. Menurutnya, alasan yang disampaikan para dokter di Inggris itu tidak realistis. “Saya tidak yakin membawa telepon selular di saku saat hujan badai dapat meningkatkan resiko tersambar petir,” katanya. Nasihat baiknya, lanjut Rakov, adalah tidak berada di luar ruangan saat terjadi badai petir baik membawa telepon selular maupun tidak, tersambar petir dalam bentuk apapun jelas beresiko kematian.

Meskipun demikian, bahaya telepon selular saat terjadi petir telah mendapat perhatian di Australia. Australian Lighting Standard merekomendasikan barang-barang yang mengandung logam, termasuk headset dan telepon selular sebaiknya tidak digunakan atau dibawa di luar ruangan saat badai petir terjadi. (sumber www.kompas.com)

Sir Isaac Newton

newton

Sir Isaac Newton (4 Januari 1643 – 31 Maret 1727) merupakan seorang fisikawan, ahli astronomi, matematikawan, dan juga ahli kimia yang berasal dari Inggris. Sir Isaac Newton merupakan pengikut aliran heliosentris dan ilmuwan yang sangat berpengaruh sepanjang sejarah, bahkan dikatakan sebagai bapak ilmu fisika modern. Sir Isaac Newton dilahirkan di Woolsthrope-by-Colsterworth, Hamlet di Contry Lincolnshir secara prematur, padahal saat itu bayi prematur tidak diharapkan kehadirannya di dunia. Ayahnya, Isaac meninggal dunia tiga bulan sebelum Sir Isaac Newton dilahirkan, dan dua tahun kemudian ibunya Hannah Ayscough Newton menikah lagi dan meninggalkan Newton kecil dengan neneknya.

Dengan berbagai hasil karya ilmiah yang dicapainya. Sir Isaac Newton menulis sebuah buku Philosophiae Naturalis Principia Mathematica. Pada buku tersebut dideskripsikan mengenai teori gravitasi secara umum, berdasarkan hukum gerak yang ditemukannya, yaitu benda akan tertarik ke bawah karena gaya gravitasi. Bekerja sama dengan Gottfriend Leibniz, Sir Isaac Newton mengembangkan teori kalkulus. Sir Isaac Newton merupakan orang pertama yang menjelaskan tentang teori gerak dan berperan penting dalam merumuskan gerakan melingkar dari hukum kepler, dimana Sir Isaac Newton memperluas hukum tersebut dengan beranggapan bahwa suatu orbit gerakan melingkar tidak harus selalu berbentuk lingkaran sempurna (seperti elips, hiperbola, dan parabola). Sir Isaac Newton menemukan spektrum warna ketika melakukan percobaan dengan melewati sinar putih pada suatu prisma. Sir Isaac Newton juga percaya bahwa sinar merupakan kumpulan dari partikel-pertikel. Sir Isaac Newton juga mengembangkan hukum tentang pendinginan yang didapatkan dari teori binomial dan menemukan sebuah prinsip momentum dan angular momentum. (sumber www.id.wikipedia.org)

Vektor dalam Papan Catur

Chatur-Anga (Catur) adalah sebuah permainan yang diperkirakan berasal dari India. Dalam perkembangannya, permainan ini telah mengalami variasi dalam hal bentuk buah catur dan peraturan permainannya. Sebuah papan catur terdiri dari 64 kotak dengan dua warna yaitu hitam dan putih dan ditempatkan sedemikian rupa sehingga ujung paling kanan adalah kotak putih.

Pada papan catur, deretan kotak yang melintang diberi label angka 1 hingga 8, sedangkan kotak yang membujur diberi notasi huruf A hingga H. setiap posisi di dalam papan catur dapat dinyatakan dengan koordinat terdiri atas notasi huruf dan angka, seperti A1, D3, dan seterusnya.

 Gerak buah catur dapat dinyatakan dengan koordinat asal dan koordinat setelah berpindah. Pernyataan A2-A3 misalnya, menunjukkan gerak pion paling kiri (di lajur A baris kedua) menuju lajur A baris ketiga. Demikian pula, langkah G1-F3 menunjukkan buah catur di posisi G1 (kuda putih) melangkah ke posisi F3. Jadi, keseluruhan langkah buah catur dapat dinyatakan dengan vektor yang menyatakan kedudukan semula (pangkal vektor perpindahan) dan kedudukan setelah bergerak (ujung vektor perpindahan).

Dalam sebuah pertandingan catur buta, dua orang pemain tidak melihat papan ataupun buah catur. Mereka hanya saling menunjukkan gerak buah catur mereka dengan mengatakan notasi vektor perpindahan. Misalnya, pemegang buah putih mengatakan B1-C3 untuk menunjukkan gerak kuda di posisi B1 ke posisi C3. Andaikan pula pemegang buah hitam kemudian mengatakan E7-E5 untuk menunjukkan gerak pion di depan raja (posisi E5) maju dua langkah.

Cermati istilah, misalnya, “benteng hitam bergerak dua langkah”. Benteng yang mana (seandainya masih ada benteng hitam yang lain), atau ke kanan atau ke kiri atau ke atas atau ke bawah? Jadi, dalam hal ini, gerak buah catur tidak hanya perlu dijelaskan jaraknya, tetapi harus sekaligus arah geraknya. Yang harus dijelaskan dalam deskripsi gerak buah catur adalah besaran vektor, yaitu vektor perpindahan.

Dalam buku-buku yang memuat tentang teknis permainan catur akan banyak ditemui notasi-notasi vektor perpindahan yang cukup praktis dan mudah diikuti. Sumber : www.geocities.com

Teleskop Ruang Hubble

Para ahli Astronomi telah mengetahui selama beberapa dekade bahwa untuk melihat lebih jauh ke ruang dan waktu, teleskop harus dapat mengumpulkan lebih banyak cahaya dan hal ini membutuhkan cermin yang besar. Tetapi cermin besar membengkok disebabkan bobotnya sendiri dan mendistorsikan bayangan yang akan diamati. Distorsi atmosferik, pengaruh-pengaruh suhu, polusi cahaya juga membatasi penampilan teleskop berdasar bumi (Earth-based Teleskop). Satu pendekatan yang digunakan ilmuwan keluar dari kesulitan-kesulitan ini adalah menempatkan teleskop di orbit bumi.

Teleskop Ruang Hubble adalah teleskop pertama kali mengorbit, dikenalkan pada tahun 1990. Diantara rahasia-rahasia yang diungkap oleh teleskop Hubble adalah menempatkan galaksi-galaksi yang jauh sehingga menunjukkan kepada kita beberapa bagian alam semesta yang seperti terlihat beberapa juta tahun setelah alam tersebut terbentuk. Bayangan yang rinci tentang komet Hale-Bopp yang mengunjungi wilayah sistem planet kita pada tahun 1997 memungkinkan ahli astronomi untuk memperkirakan ukuran inti komet dan mengamati peledakan hebat yang terjadi seiring dengan bagian-bagian inti komet tersebut pada saat menghadapi matahari. Hubble juga telah menangkap bayangan rumbai-rumbai raksasa dari gas dan debu yang keluar dari ledakan vulkanik  di lo, satelitnya jupiter.

 Pada tahun 1997, Hubble menghasilkan bayangan spektakuler dari pancaran gas dan debu yang dihembuskan ke ruang angkasa oleh lubang gekap masih di pusat Nebula Telur (eg nebula) yang jaraknya 3.000 tahun cahaya dari bumi.

Bom Bom Car dan Hukum Newton

bombomcar

Hukum III Newton menyatakan bahwa jika benda pertama melakukan gaya terhadap benda kedua, maka benda kedua akan memberikan gaya yang sama besar terhadap benda pertama namun dengan arah yang berlawanan. Hukum ini  dapat menjelaskan kenapa kita akan mengalami hentakan ketika mobil yang kita naiki menabrak mobil lain.

Pada permainan  Bom Bom Car, mobil dirancang sedemikian rupa sehingga tidak membahayakan pengendaranya pada saat saling bertabrakan. Setiap mobil dilengkapi bemper-bemper karet untuk meredam hentakan yang dialami ketika bertabrakan. Daya tarik permainan ini justru pada peristiwa tabrakan antar mobil.

Mobil pada Bom Bom Car digerakkan oleh listrik dengan salah satu kutubnya terletak pada bagian belakang mobil dan terhubung dengan langit-langit ruangan. Sebagian energi listrik dikonversi menjadi gerak mobil dan sebagian lagi dikonversi menjadi panas.

Ketika terjadi tabrakan, pengendara akan merasakan perubahan arah gerak dan merasakan bobot inersia yang diungkapkan oleh Newton dalam teorinya tentang dinamika gerak. Meskipun mobil yang dikendarai bisa langsung berhenti atau berubah arah, pengendara tetap akan terdorong ke arah semula seperti sebelum tabrakan. Oleh karena itu, sangat penting bagi pengendara menggunakan sabuk pengaman agar terhindar dari luka serius saat mobilnya bertabrakan dengan keras (pengendara mobil sungguhan disarankan untuk tetap menggunakan sabuk pengaman meskipun sebenarnya bukan untuk bertabrakan sesering saat bermain Bom Bom Car). Massa pengendara juga mempengaruhi efek tabrakan yang terjadi. Saat bertabrakan, dengan anggapan bahwa massa tiap mobil sama, pengendara dengan massa lebih kecil akan mengalami hentakan yang lebih besar dibandingkan dengan pengendara lain yang memiliki massa lebih besar.

Bilangan Bulat dan Pecahan #2

Pada operasi hitung penjumlahan bilangan bulat berlaku sifat tertutup, komutatif, asosiatif dan mempunyai unsur identitas. Pada posting ini akan kita bahas sifat-sifat tersebut di atas.

Operasi hitung penjumlahan bilangan bulat disebut memiliki sifat tertutup karena setiap operasi hitung penjumlahan bilang bulat selalu menghasilkan bilangan bulat juga. Hal ini dapat dituliskan sebagai berikut,

Operasi hitung penjumlahan bilangan bulat juga memiliki sifat komutatif yang artinya penjumlahan dua bilangan bulat selalu memperoleh hasil yang sama walaupun kedua bilangan tersebut dipertukarkan tempatnya. Hal ini dapat dituliskan sebagai berikut,

Sifat asosiatif disebut juga sifat pengelompokan. Sifat ini dapat dituliskan sebagai berikut,

Bilangan nol (0) merupakan unsur identitas pada penjumlahan. Artinya, untuk sembarang bilangan bulat apabila ditambah nol (0), hasilnya adalah bilangan itu sendiri. Hal itu dapat dituliskan sebagai berikut,

Untuk mengetahui sifat tertutup pada operasi hitung pengurangan bilangan bulat, perhatikan contoh di bawah ini,

Sama halnya dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, pada operasi hitung perkalian bilangan bulat juga memiliki sifat yang hampir sama dengan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Adapun sifat-sifat operasi hitung perkalian bilangan bulat adalah tertutup, komutatif, asosiatif, distributif perkalian terhadap penjumlahan, distributif perkalian terhadap pengurangan dan memiliki elemen identitas.

Untuk menguraikan bahasan di atas, perhatikan contoh di bawah ini,

Jika dikerjakan dengan benar, maka akan kita dapatkan sifat berikut ini,

Jika dikerjakan dengan benar, maka akan kita dapatkan sifat berikut ini,

Jika dikerjakan dengan benar, maka akan kita dapatkan sifat berikut ini,

Jika dikerjakan dengan benar, maka akan kita dapatkan sifat berikut ini,

Jika dikerjakan dengan benar, maka akan kita dapatkan sifat berikut ini,

 

Bilangan Bulat dan Pecahan #1

Bilangan-bilangan seperti,

sedangkan bilangan-bilangan di atas nol seperti,

Himpunan bilangan bulat positif, nol dan bilangan bulat negatif membentuk himpunan bilangan bulat. Nol (0) adalah bilangan yang tidak positif dan tidak pula negatif.

Pada garis bilangan dengan arah mendatar, bilangan bulat dapat dinyatakan sebagai berikut,

Bilangan bulat negatif terletak di sebelah kiri nol, dan bilangan bulat positif terletak di sebelah kanan nol. Pada garis bilangan tersebut, makin ke kanan  letak bilangan makin besar nilai bilangan tersebut. Sebaliknya, makin ke kiri letak bilangan makin kecil nilai bilangan tersebut.

Terdapat beberapa operasi hitung pada bilangan bilangan bulat, yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan perpangkatan bilangan bulat. Kita akan coba untuk bahas satu persatu. Perhatikan beberapa contoh berikut ini,

Sedangkan Pengurangan Bilangan Bulat dinyatakan sebagai penjumlahan dengan lawan pengurangnya. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh di bawah ini dan cobalah untuk membandingkannya,

Kita ketahui bersama bahwa operasi perkalian bilangan bulat adalah operasi penjumlahan berulang dengan bilangan yang sama, contoh

Meskipun hasilnya sama, perkalian 5 x 4 dan 4 x 5 berbeda artinya. Secara umum, dapat dituliskan sebagai berikut,

Sedangkan Pembagian Bilangan Bulat dinyatakan sebagai operasi kebalikan dari operasi perkalian bilangan bulat. Perhatikan contoh berikut ini,

Dari uraian di atas, tampak bahwa permbagian merupakan operasi kebalikan (invers) dari perkalian. Secara umum dapat ditulis sebagai berikut,

Untuk mengasah kemampuanmu dalam memahami materi di atas, cobalah untuk menyelesaikan latihan soal di sini dan untuk melengkapi pemahaman dalam mempelajari Bilangan Bulat dan Pecahan, Jangan lupa untuk pelajari materi Sifat Operasi Hitung Bilangan Bulat di sini.