Aljabar dan Aritmatika Sosial #2

Setelah kita mempelajari materi Aljabar dan Aritmatika#1 pada posting sebelumnya, materi berikutnya yang harus anda pelajari adalah Aljabar dan Aritmatika#2 yang merupakan tahap lanjutan dari materi Aljabar dan Aritmatika#1.

Pada materi Bilangan Bulat dan Pecahan yang tertulis pada posting di bagian lain blog ini, telah tuntas dibahas bagaimana cara menentukan KPK dan FPB dari dua atau lebih bilangan bulat. Hal itu juga berlaku pada operasi hitung bentuk aljabar. Untuk menentukan KPK dan FPB dari bentuk aljabar dapat dilakukan dengan menyatakan bentuk-bentuk aljabar tersebut menjadi perkalian faktor-faktor primanya.

Pada posting Aljabar dan Aritmatika Sosial#1, kita telah mempelajari mengenai bentuk aljabar beserta operasi hitungnya. Pada bagian ini kita akan mempelajari tentang bentuk pecahan aljabar dan operasi hitungnya, yaitu operasi pecahan dimana pembilang maupun penyebutnya memuat bentuk aljabar, misalnya

Suatu pecahan bentuk aljabar dikatakan paling sederhana apabila pembilang dan penyebutnya tidak mempunyai faktor persekutuan kecuali 1, dan penyebutnya tidak sama dengan nol. Untuk menyederhanakan pecahan bentuk aljabar dapat dilakukan dengan cara membagi pembilan dan penyebut pecahan tersebut dengan FPB dari keduanya.

Hasil operasi penjumlahan dan pengurangan pada pecahan diperoleh dengan cara menyamakan penyebutnya, kemudian menjumlahkan atau mengurangkan pembilangnya. Sedangkan untuk menyamakan penyebut kedua pecahan, terlebih dahulu tentukan KPK dari penyebut-penyebutnya (baca kembali operasi hitung bentuk pecahan).

Dengan cara yang sama, hal itu juga berlaku untuk operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk pecahan aljabar.

Untuk mengasah kemampuanmu dalam memahami materi di atas, cobalah untuk menyelesaikan latihan soal di sini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s