Ponsel Undang Petir

Telepon selular (handphone) sebaiknya tidak digunakan diluar ruangan saat terjadi badai petir. Hal tersebut dapat meningkatkan resiko kerusakan organ tubuh bagian dalam apabila seseorang tersambar petir.Pendapat tersebut disampaikan beberapa dokter dalam tulisan yang dimuat British Medical Journal. Mereka mencontohkannya dengan seorang gadis berusia 15 tahun yang tersambar petir di sebuah taman saat menggunakan telepon selularnya. Meskipun luput dari maut, anak tersebut mengalami gangguan kesehatan yang parah, cacat permanen sehingga harus menggunakan kursi roda seumur hidupnya.

Kulit manusia memiliki sifat menahan aliran listrik ke organ tubuh bagian dalam. Oleh karena itu, saat tubuh seseorang terkena sambaran petir, aliran listrik akan disebarkan ke seluruh permukaan kulit atau mengalami efek flashover. Namun, jika ada bahan pengantar listrik yang menempel di kulit, termasuk telepon seluler, efek flashover akan terganggu sehingga listrik lebih mudah mengalir dari kulit ke organ tubuh bagian dalam. Karena resiko luka dalam meningkat, resiko kematian juga meningkat.

“Fenomena yang jarang terjadi ini merupakan salah satu isu kesehatan yang penting mendapat perhatian dan perlu pendidikan kepada publik mengenai resikonya untuk mencegah kerusakan fatal,” kata salah satu penulisnya Swinda Esprit, seorang dokter di RS Nortwick Park, Inggris. Tiga kasus kematian yang fatal pada pengguna telepon selular yang tersambar petir juga dilaporkan di Cina, Korea Selatan dan Malaysia. Sayangnya, dokter-dokter tersebut tidak menyampaikan alasannya dengan hasil penelitian sebagaimana jurnal-jurnal ilmiah.

Vladimir Rakov, salah seorang pakar petir dari Universitas Florida meragukan kemungkinan tersebut. Menurutnya, alasan yang disampaikan para dokter di Inggris itu tidak realistis. “Saya tidak yakin membawa telepon selular di saku saat hujan badai dapat meningkatkan resiko tersambar petir,” katanya. Nasihat baiknya, lanjut Rakov, adalah tidak berada di luar ruangan saat terjadi badai petir baik membawa telepon selular maupun tidak, tersambar petir dalam bentuk apapun jelas beresiko kematian.

Meskipun demikian, bahaya telepon selular saat terjadi petir telah mendapat perhatian di Australia. Australian Lighting Standard merekomendasikan barang-barang yang mengandung logam, termasuk headset dan telepon selular sebaiknya tidak digunakan atau dibawa di luar ruangan saat badai petir terjadi. (sumber www.kompas.com)

2 thoughts on “Ponsel Undang Petir

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s