Galileo Galilei

Galileo Galilei (15 Pebruari 1564 – 8 Januari 1642) adalah seoarang astronom, filsuf dan fisikawan Italia yang memiliki peran besar dalam revolusi ilmiah. Galileo Galilei dilahirkan di Pisa, Tuscani pada tanggal 15 Pebruari 1564 sebagai anak pertama dari Viscenzo Galilei, seorang matematikawan dan musisi asal Florence dan Gaulia Ammannati. Galileo Galilei sudah dididik sejak kecil. Kemudian belajar di Universitas Pisa, namun terhenti karena masalah keuangan. Untungnya, Galileo Galilei ditawari jabatan di sana pada tahun 1589 untuk mengajar matematika. Setelah itu, pindah ke Universitas Padua untuk mengajar Geometri, mekanika dan astronomi sampai pada tahun 1610.

Pada masa itu, Galileo Galilei sudah mendalami sains dan membuat berbagai penemuan. Galileo Galilei menemukan tiga satelit Jupiter I0, Europa dan Callisto pada 7 Januari 1610. Empat malam kemudian menemukan Ganymede. Galileo Galilei juga menemukan bulan-bulan tersebut muncul dan menghilang, gejala yang Galileo Galilei perkirakan berasal dari pergerakan benda-benda tersebut terhadap Jupiter. Oleh karena itu, Galileo Galilei menyimpulkan bahwa keempat benda tersebut mengorbit planet.

Pada tahun 1612, Galileo Galilei pergi ke Roma dan bergabung dengan Accamedia dei Lincei untuk mengamati bintik matahari. Di tahun itu juga, muncul penolakan terhadap teori Copernicus, teori yang didukung oleh Galileo Galilei. Pada tahun 1614, dari Santa Maria Novella, Tomasso Caccini mengecam pendapat Galileo Galilei tentang pergerakan bumi, memberikan anggapan bahwa teori itu sesat dan bahaya, Galileo Galilei sendiri pergi ke Roma untuk mempertahankan dirinya. Pada tahun 1616, Kardinal Roberto Bellamino menyerahkan pemberitahuan yang melarangnya mendukung maupun mengajarkan teori Copernicus. (sumber www.id.wikipedia.org)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s