Vektor dalam Papan Catur

Chatur-Anga (Catur) adalah sebuah permainan yang diperkirakan berasal dari India. Dalam perkembangannya, permainan ini telah mengalami variasi dalam hal bentuk buah catur dan peraturan permainannya. Sebuah papan catur terdiri dari 64 kotak dengan dua warna yaitu hitam dan putih dan ditempatkan sedemikian rupa sehingga ujung paling kanan adalah kotak putih.

Pada papan catur, deretan kotak yang melintang diberi label angka 1 hingga 8, sedangkan kotak yang membujur diberi notasi huruf A hingga H. setiap posisi di dalam papan catur dapat dinyatakan dengan koordinat terdiri atas notasi huruf dan angka, seperti A1, D3, dan seterusnya.

 Gerak buah catur dapat dinyatakan dengan koordinat asal dan koordinat setelah berpindah. Pernyataan A2-A3 misalnya, menunjukkan gerak pion paling kiri (di lajur A baris kedua) menuju lajur A baris ketiga. Demikian pula, langkah G1-F3 menunjukkan buah catur di posisi G1 (kuda putih) melangkah ke posisi F3. Jadi, keseluruhan langkah buah catur dapat dinyatakan dengan vektor yang menyatakan kedudukan semula (pangkal vektor perpindahan) dan kedudukan setelah bergerak (ujung vektor perpindahan).

Dalam sebuah pertandingan catur buta, dua orang pemain tidak melihat papan ataupun buah catur. Mereka hanya saling menunjukkan gerak buah catur mereka dengan mengatakan notasi vektor perpindahan. Misalnya, pemegang buah putih mengatakan B1-C3 untuk menunjukkan gerak kuda di posisi B1 ke posisi C3. Andaikan pula pemegang buah hitam kemudian mengatakan E7-E5 untuk menunjukkan gerak pion di depan raja (posisi E5) maju dua langkah.

Cermati istilah, misalnya, “benteng hitam bergerak dua langkah”. Benteng yang mana (seandainya masih ada benteng hitam yang lain), atau ke kanan atau ke kiri atau ke atas atau ke bawah? Jadi, dalam hal ini, gerak buah catur tidak hanya perlu dijelaskan jaraknya, tetapi harus sekaligus arah geraknya. Yang harus dijelaskan dalam deskripsi gerak buah catur adalah besaran vektor, yaitu vektor perpindahan.

Dalam buku-buku yang memuat tentang teknis permainan catur akan banyak ditemui notasi-notasi vektor perpindahan yang cukup praktis dan mudah diikuti. Sumber : www.geocities.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s