Fenomena Komidi Putar

Komidi Putar (carousel) mungkin tak semenarik dan seseru roller coaster yang mampu membawa pengendaranya melaju dengan kecepatan tinggi dalam lintasan vertikal yang melingkar-lingkar. Dapat dibayangkan seandainya tempat duduk penumpang roller coaster tidak diberi pelindung dan para penumpang tidak berpegangan dengan kuat, pastilah mereka akan terlempar saat roller coaster melaju dengan cepat. Komidi putar (carousel) hanya membawa pengendaranya bergerak dalam lintasan melingkar dengan kecepatan yang masih dapat membuat pengendaranya merasa nyaman dan terhibur.

Secara teori, sebenarnya dimungkinkan untuk memutar carousel dengan sangat cepat sehingga para penumpangnya terlempar. Untunglah, carousel semacam itu tidak pernah dibuat dan tidak diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin mencari hiburan.

Dengan kesederhaan dan daya tariknya yang khas, carousel merupakan contoh konkret dari perpaduan antara keseimbangan gerak dan gaya. Adakah kuda-kudaan pada carousel yang bergerak lebih cepat dari yang lain?

Sekilas, mungkin pertanyaan di atas sedikit membuat kita tersenyum, karena setiap kuda-kudaan pada carousel berputar satu lingkaran penuh dalam selang waktu yang sama. Dalam selang waktu yang sama tersebut, kuda-kudaan di bagian luar (tepi) carousel menempuh jarak yang lebih panjang dibandingkan kuda-kudaan yang berada di bagian dalam carousel. Ini berarti kuda-kudaan yang terletak di bagian luar memiliki kecepatan linear yang lebih besar daripada kuda-kudaan yang terletak di bagian dalam.

Pada sebagian carousel, ada kuda-kudaan yang selain bergerak berputar juga bergerak maju mundur agar penumpangnya terkesan seperti naik kuda yang sesungguhnya. Untuk jenis carousel seperti ini, perancangnya perlu mempertimbangkan besar gaya pada kuda-kudaan yang bergerak berputar berbeda-beda besarnya.

Pada carousel biasa, tiap kuda-kudaan mengalami percepatan (sentripetal), radius lintasan, dan kelajuan linear yang konstan (tetap). Jika kita ingin membuat kuda-kudaan bergerak maju mundur pada saat berputar, maka kita perlu memperhitungkan besar gaya yang diperlukan untuk melakukannya. Dalam hal ini, perlu dipertimbangkan massa kuda-kudaan dan massa calon penumpangnya.

Meskipun nampak sederhana, pertimbangan mengenai massa pengendaranya sangat penting untuk menjamin keselamatan penggunanya. Tiap permainan perlu ada aturannya, seperti batasan pengguna yang diperbolehkan, batasan ini biasanya terkait dengan usia, tinggi dan massa penggunanya. mengabaikan aturan-aturan tersebut beresiko terjadinya kecelakaan.

3 thoughts on “Fenomena Komidi Putar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s